Pages

Jumat, 08 Maret 2013

TERNAK KAMBING ADALAH USAHA YANG MENJANJIKAN

-->
Ternak kambing adalah usaha yang mengiurkan, di Desa Wadang ternak kambing bukanlah  hal yang baru, karena rata-rata warga Desa Wadang tidak putus dari usaha ternak baik ternak kambing, sapi dan hewan-hewan lain, di dalam perawatan dan kebutuhan setiap hari kambing memanfaatkan rumput-rumput liar yang ada di alam sekitar, selain itu juga bersumber dari limbah tanaman masyarakat seperti daun jagung, kajang hijau, kacang tanah dan lain-lain sekira tidak membahayakan bagi kambing.
Belajar dari pengalaman masyarakat dalam beternak kambing, kami yang tergabung dalam kelompok tani ternak Gembala Jaya, perkembangan dan hasil deri ternak kambing yang dilakukan masyarakat kurang memuaskan. Dan setelah kami analisis ternyata dalam perawatan untuk memenuhi kebutuhan kambing masih secara konvensional atau asal hidup, asal beranak dan bersifat sampingan, sehingga berdampak pada hasil yang minim dan  jauh dari kata cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok setiap hari.
Berdasarkan hasil analisis tersebut dan begitu besarnya potensi limbah masyarakat yang belum dikelola dengan baik, kami berfikir bahwa kalau limbah dari petani dikelola dengan alat-alat moderen seperti “Kreser dan Copper” tentunya hasil dari ternak kambing akan lebih baik dan menjanjikan dari sebelumnya. Hal ini sesuai dengan amanat UU No 22 Tahun 1989 tentang pemerintahan Desa sebagai sebuah lembaga yang langsung bersentuhan dan berhadapan dengan masyarakat maka Desa menjadi ujung tombak pembangunan, oleh Karen itu dibutuhkan integreilitas sinergisitas dan kontinuitas pembangunan Desa yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.
            Dalam perawatan kambing tidak memerlukan perawatan yang  neko-neko, usaha ini sudah banyak digeluti oleh petani bahkan sudah puluhan tahun namun belum ada yang menjadikan usaha ini sebagai penghasilan pokok,Jadi petani dalam mengelolanya masih menggunakan sistem tradisional,inipun bagi mereka sudah sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Supaya dapat memberikan hasil yang maksimal dam menjadi investasi dimasa depan maka tatacara tradisional yang selama ini mereka terapkan harus diubah kearah yang lebih professional lagi,upaya pengembangan tersebut harus dilakukan melalui pendekatan kemitraan dengan lembaga kemasyarakatan yang memiliki kemampuan dibidang pemeliharaan kambing 
-->
a.         Jenis Usaha Peternakan
Usaha yang dikembangkan Kelompok Tani Ternak “Gembala Jaya” adalah usaha peternakan dan pengemukan kambing, dengan beberapa pertimbangan :
1.    Potensi desa wadang yang mendukung karena tersedianya lahan pertanian yang sangat luas, dan secara geografis dekat dengan kawasan hutan.
2.    Meningkatkan produktifitas kambing, baik kambing Gibas, Jawa randu, etawa dan kambing marino.
3.    Harga jual kambing dipasaran relatif stabil dibanding hewan yang lain.
4.    Untuk memenuhi kebutuhan pasar, baik lokal maupun internasional.
5.    Melayani masyarakat baik untuk aqiqoh, kurban, walimah dan kebutuhan yang lain

b.         Penyediaan Bibit
Untuk peternak kambing di kelompok ternak Gembala Jaya Desa Wadang Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro penyediaan  bibit selama ini petani sudah menggunakan cara-cara yang modern melalui perkawinan silang/IB.
c.         Pemeliharaan
Dikelompok ternak  Gembala Jaya Desa Wadang Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro dilakukan pada kandang khusus yang sudah permanen dengan kapsitas yang sesuai aturan.
d.        Pemasaran
Untuk pemasaran para petani tidak ada kendala Karena pembeli/tengkulak sudah datang langsung kerumah petani. atau penjualan hasil usaha kelompok ternak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar, melalui pasar, melalui pedaging (jagal kambing), baik pasar lokal maupun interlokal
e.         Perkandangan
Untuk ternak kambing dibuatkan kandang sendiri permanen, sehingga kotorannya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kandang.
f.          Dukungan Masyarakat sekitar
Dengan adanya peternakan kambing masyarakat merasa senang karena membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan memanfaatkan sumber makan ternak yang melimpah.
SELAMAT MENCOBA DAN SUKSES MENYERTAI ANDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar